oleh

Optimalkan Penampilan Anda dengan Teknik Presentasi Yang Efektik

-Edukasi-29 views

Presentasi adalah penyajian sebuah karya atau berbicara dalam rangka mengajukan suatu ide atau gagasan di depan forum. Agar meraih hasil optimal, Anda harus memperhatikan beberapa persiapan dan teknik presentasi yang efektif.

Persiapan dilakukan agar Anda dapat membawakan presentasi lebih matang. Sedang tekniknya diterapkan saat anda tampil.

Persiapan Presentasi

Apa yang terpenting dalam presentasi? Jawabannya adalah: Persiapan…!!!

Persiapan presentasi adalah segalanya.

Dengan persiapan, anda akan lebih percaya diri, dapat melakukan presentasi sesuai dengan perencanaan. Para pendengar pun akan merasa puas jika kinerja anda bagus.

Agar presentasi berjalan dengan baik, ada beberapa persiapan presentasi yang perlu anda simak:

Tujuan

Sebelum persentasi dimulai, cobalah jawab pertanyaan berikut: Mengapa anda melakukan presentasi? Apakah tujuan anda adalah untuk memberikan informasi, mempengaruhi, melatih, atau untuk menjual? Gambaran ini harus jelas, agar presentasi anda terarah.

Secara umum, ada beberapa tujuan presentasi yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Memberi informasi

Presentasi berisi informasi yang disampaikan ditengah forum. Sebaiknya info tersebut disampaikan secara detail, dan dengan penyampaian yang mudah di cerna. Sehingga pesan yang diuraikan dalam presentasi dapat diterima dengan baik.

2. Mempengaruhi 

Dengan data yang lengkap, dan juga dengan gaya bahasa yang menarik, presentasi akan menimbulkan keyakinan para pendengar. Hal ini dapat mendorong mereka untuk mengikuti saran-saran presentor.

3. Meyakinkan 

Untuk meyakinkan audiens, sebaiknya presentasi didukung dengan data-data yang kongkrit, logis, dan meyakinkan. Sehingga menimbulkan kesan apa yang disampaikan memang benar adanya.

4. Memberi inspirasi

Kita dapat memberikan inspirasi motivasi kepada pendengar. Tidak semata menyampaikan gagasan yang berdasarkan data. Hal ini bisa membangkitkan semangat mereka untuk bertindak dengan kesadaran sendiri.

5. Menghibur

Presentasi juga dapat menjadi ajang hiburan, dengan menyelipkan cerita-cerita lucu dan menghibur. Cara ini dapat bermanfaat menghilangkan kejenuhan, serta menjadikan presentasi lebih hidup.

Audiens

Pikirkan calon para pendengar anda dalam presentasi nanti. Berapa orang yang akan mendengar? Siapa saja mereka? Apa kepentingan dan keperluan mereka? Merenungkan target pendengar ini sangat berguna untuk mempersiapkan materi dan rencana presentasi. Sehingga anda dapat menyajikan bahan yang diperlukan mereka.

Tempat

Renunkan juga dimana presentasi anda. Apakah di kampus, di hotel, di kantor dan lain sebagainya. Pikirkan bagaimana dengan penataan tempat duduknya? Dengan begitu, persiapan anda tampak lebih matang.

Durasi

Jangan lupa mencari tahu berapa lama durasi prentasi anda. Hal ini bertujuan agar anda mengoptimalkan hal-hal yang perlu disampaikan, sesuai dengan durasi waktu yang telah ditetapkan. Dengan mengetahui durasi, anda bisa merencanakan waktu istirahat untuk audens, kapan mereka perlu makan, dll.

Metode

Pikirkan apa yang akan anda lakukan dalam presentasi nanti. Pendekatan apa yang akan dipakai? Formal ataukah informal? Haruskah menggunakan anekdot atau humor? Serta apakah anda perlu menggunakan proyektor dan sound sistem? Persiapan ini dapat menolong anda untuk membubuhi konten yang diperlukan.

Konten

Untuk mendapatkan konten yang tepat, tanyakan pada diri anda “apa yang harus dibicarakan?“. Dengan demikian, anda dapat memutuskan tema dan isi yang akan dipresentasikan.

Menentukan tema sangat urgent untuk membuat presentasi anda lebih terforkus. Sehingga tidak membicarakan informasi yang keluar dari target.

Untuk mendapatkan isi presentasi, buatlah peta pikiran untuk memperluas ide. Jangan ragu untuk memasukkan berbagai gagasan untuk presentasi nanti. Namun anda perlu selektif. Pilihlah gagasan yang relevan untuk audiens.

Struktur

Agar presentasi anda lebih tertata, berikut struktur presentasi yang secara umum dilakukan:

  1. Pendahuluan; berupa perkenalan singkat
    • Sambutlah para pendengar
    • Perkenalkan diri anda
    • Jelaskan struktur presentasi
    • Jelaskan aturan mekanisme pengajuan pertanyaan
  2. Isi; membawakan konten presentasi yang telah anda persiapkan
  3. Penutup; berisi kesimpulan singkat
    • Simpulkan presentasi anda
    • Berterimakasih kepada para pendengar
    • Buka sesi pertanyaan
  4. Sesi pertanyaan; opsioanal

Catatan

Jangan lupa untuk mempersiapkan catatan. Nantinya dapat digunakan dalam sesi tanya jawab. Catatan ini tidak hanya bermanfaat untuk mengikat pertanyaan audiens, tapi juga untuk mengikat informasi atau jawaban yang akan disampaikan.

Dress up

Kamu perlu menyesuaikan penampilan. Jangan sampai mgengenakan pakaian santai saat presentasi, lebih-lebih pakaian tidur.

Perlu diingat, saat berpenampilan, kamu tidak perlu harus repot sendiri, dengan berusaha memakai dasi, kemeja, dan jas yang kamu sendiri tidak punya.

Pakailah pakaian yang rapi dan sopan. Pastikan semua peserta yang hadir merasa nyaman dengan penampilanmu.

Passion

Mau presentasi tentang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, atau bahkan tentang ekonomi dengan berbahasa Inggris? Semua itu bisa kamu lakukan dengan matang, asalkan suka terhadap apa yang dibicarakan.

Biasanya, jika seseorang suka sesuatu, ia cenderung mempelajarinya dengan senang hati. Hal itu sangat membantu sekali untuk meraih bahan informasi yang akan dibahas dalam presentasi.

Latihan

Latihan adalah bagian terpenting dalam persiapan presentasi. Aturlah waktu untuk melakukan hal ini, bisa dengan satu atau dua kali sehari. Ingatlah bahwa semakin sering anda berlatih, maka akan semakin maksimal performa anda.

Ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan melakukan latihan, diantaranya:

  • Anda akan lebih familiar terhadap hal-hal yang akan dibicarakan
  • Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan presentasi
  • Melatih kata-kata yang sulit dilafalkan (jika presentasi anda menggunakan bahasa Inggris)
  • Untuk mengukur waktu presentasi anda yang telah ditetapkan

Dari keterangan diatas,,, persiapan adalah kunci, persiapan presentasi adalah segalanya. Di sini anda merenungkan kata-kata, waktu, pendengar, perlengkapan, metode, dan lain sebagainya. Jika semua itu dapat direncanakan dengan baik, tentu hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Baca juga:

Teknik Presentasi yang Efektif

Kini saatnya mengulas materi inti, yaitu Teknik presentasi. Atau cara-cara spesifik yang mengesankan agar presentasi tampak memukau.

Ada beberapa teknik yang menurut saya dapat Anda terapkan saat presentasi, antara lain:

Mental

Saat di atas panggung, sadari bahwa kamu menjadi pusat perhatian para pendengar. Tidak menutup kemungkinan akan merasa gerogi, atau kurang percaya diri.

Karena itu, kamu perlu mental yang kuat. Berusahalah untuk tidak malu dan tidak canggung mengurai topik pembicaraan.

Jika grogi anda masih meliputi, cobalah mengalihkan perhatian dengan menggerakkan tangan, menghela nafas dalam-dalam, atau dengan memegang alat tertentu.

Rasa nerveous akan hilang dengan sendirinya jika anda telah mampu beradaptasi didepan audiens. Biasanya rasa ini muncul di awal waktu presentasi.

Profesional

Jangan keseringan melihat catatan. Jika hal ini dibiarkan, kemungkinan para pendengar akan berfikir bahwa kamu belum menguasai materi, atau bahkan beranggapan kamu belum ahli membicarakan topik bahasan.

Hal ini tentu dapat mengurangi apresiasi mereka terhadapmu. Dan presentasi yang baik adalah presentasi yang menimbulkan kesan positif baik bagi pembicara maupun pendengar.

Durasi

Dalam presentasi, jangan lupa perhatikan durasi waktu yang akan kamu gunakan. Konsesntrasi orang biasanya berkisar antara 10 hingga 20 menit.

Manfaatkan waktu seoptimal mungkin, bagilah waktu presentasi anda ke dalam beberapa sesi. Ada sesi pembukaan, isi, penutup, dan sesi tanya jawab yang harus anda atur. Sehingga presentasi berjalan tepat sesuai dengan waktunya.

Berbicara lebih lama dapat mengubah mood pendengar. Terlebih jika performen dan topik yang dibicarakan tidak menarik. Bisa jadi mereka lari meninggalkan forum.

Ingat,, presentasi yang baik dapat menciptakan suasana hidup dan nyaman bagi para pendengar.

Gunakan alat bantu visual

Menggunakan alat bantu visual dapat memudahkan anda mengingat materi penting, mengarahkan presentasi sesuai dengan persiapan, serta menjadikan presentasi Anda tampil lebih menarik.

Presentasi hanya dengan kata-kata dapat menimbulkan kesan monoton. Penggunaan gambar, video, dan proyektor mewarnai hidupnya presentasi.

Singkat jelas padat

Intinya, jangan bertele-tele. Fokus lah pada materi inti, dan hindari penyampaian informasi yang tidak perlu. Penyampain yang keluar dari topik dapat mengganggu efisiensi waktu. Sampaikan materi dengan sejelas-jelasnya dan kaya informasi.

Ceritakan kisah

Anggaplah presentasi itu sebagai sebuah teater. Ceritakan kisah dan anekdot untuk membantu mengilustrasikan poin. Teknik ini sangat membantu audiens mengingat secara efektif.

Miliki rencana cadangan

Tidak semua pembawaan presentasi berjalan mulus. Adakalanya terdapat gangguan eksternal, penyampain kurang menarik, dan kondisi audiens yang sudah tidak fokus lagi.

Teknologi tidak berfungsi, listrik padam, proyektor dan mikrophone tidak bekerja. Semua ini adalah gangguan yang bisa terjadi saat presentasi.

Jika Anda memiliki plan cadangan, tentu anda tidak akan panik, dan sesegera mungkin dapat mengatasinya dengan baik.

Manfaatkan gestur dan mimik

Bagaimana bila presentasi dibawakan dengan rahut wajah yang datar, atau gesetur tubuh yang tidak berubah-ubah? Meski data-datanya sangat berbobot, dan dibumbui dengan kata-kata menarik, tetap saja presentasi tersebut tidak menarik.

Cobalah lakukan perubahan gestur dengan menggerakan tangan, menggeleng-gelengkan kepala, dan memasang rahut wajah yang berseri-seri untuk menarik perhatian audiens.

Perhatikan pandangan

Salah satu hal penting dalam teknik presentasi yang efektif adalah pandangan mata.

Sesekali tataplah audiens. Jangan selalu menundukan pandangan atau menengadahkan kepala. Kontak mata dapat menimbukan kesan bahwa mereka benar-benar diperhatikan.

Atur intonasi

Tidak semua nada dalam presentasi berisifat datar. Dalam teknik presentasi yang efektif, Adakalanya harus meninggi seperti dalam memberikan inspirasi dan semangat, dan merendah saat menceritakan hal-hal yang menyedihkan.

Atur juga laju bicara Anda. Janganlah berbicara terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *