cara menjawab interview

5 Cara Menjawab Interview (Trik Sukses Lolos Tes Kerja dan Beasiswa)

Diposting pada 122 views

Banyak presentasi, test kerja, dan beasiswa yang diawali dengan sesi tanya jawab. Untuk orang-orang tertentu, pertanyaan dalam interview menjadi bagian yang paling menarik.

Namun, tidak sedikit yang beranggapan bahwa sesi ini adalah mimpi terburuk. Bahkan, ada beberapa yang sengaja menghindari tanya jawab. Karenanya, anda perlu mengetahui trik-trik bagaimana cara menjawab interview.

Di bawah ini kami uraikan cara menangani pertanyaan, serta beberapa tips tambahan untuk menunjang interview anda:

1). Mendengarkan seluruh pertanyaan

Paksakan diri Anda untuk mendengarkan seluruh pertanyaan sebelum Anda menjawabnya.

Seringkali orang menjawab sebelum pertanyaan usai, Akibatnya, jawaban yang mereka berikan tidak memuaskan, sebab respon dan jawaban yang diberikan tidak berkaitan dengan pertanyaan.

Pastikan juga bahwa Anda memahami pertanyaan seutuhnya.

2). Ulangi pertanyaan

Jika memang perlu, mintalah untuk mengulangi pertanyaan yang diajukan kepada anda. Usahakan memintanya dengan jelas dan sopan.

banyak manfaat yang akan anda dapatkan dari trik ini. Diantaranya (1) membuat Anda mengerti isi pertanyaan, (2) memberikan kesempatan kepada anda untuk menilai pertanyaan dan memikirkan jawabannya, dan  (3) memastikan apa yang diharapkan si penanya.

3). Beri statemen positif 

Memberikan statemen positif sangat baik untuk membangun intensitas para penanya. Mereka akan senang jika pertanyaannya ditimpali dengan pujian. Dalam hal ini, Anda dapat mengatakan “Pertanyaan yang bagus”, atau “Senang Anda bertanya demikian”.

4). Tanggapi pertanyaan dengan jujur ​

Jika Anda tidak tahu jawabannya, jangan berpura-pura tahu. Jujur dan beritahu mereka bahwa Anda tidak tahu. Tapi ingat, JANGAN menjanjikan bahwa anda pasti dapat menjawab di pertemuan berikutnya.

5). Jembatani pertanyaan berikutnya dengan pertanyaan anda.

Pastikanlah kepuasan para penanya tehadap jawaban yang anda berikan. Oleh karena itu, anda bisa berkata kepada mereka “Apakah itu menjawab pertanyaan Anda?”, “Apakah itu jenis informasi yang Anda cari?”.

Hal ini cukup penting. Setelah mereka menanggapi “Ya”, Anda bisa menjawab pertanyaan berikutnya. Jika mereka mengatakan “Tidak”, anda dapat meminta mereka untuk memperjelas pertanyaan yang dimaksud.

Tips Tambahan

Beberapa infromasi tambahan yang patut anda perhatikan diantaranya yaitu:

  1. Luangkan waktu untuk berpikir “sebelum” Anda menjawab semua pertanyaan. Terutama bila anda menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit.
  2. Pastikan anda membawa alat tulis untuk mencatat pertanyaan. Khususnya pertanyaan yang tidak dapat anda jawab. Dengan cara ini, Anda dapat menindaklanjuti pertanyaan yang tidak bisa dijawab tersebut.
  3. Agar mampu menjawab pertanyaan dengan baik, kuasai pengetahuan seputar topik yang dipersoalkan, serta latihlah diri anda sebelum menghadapi wawancara.

Dalam prosesnya, anda dapat mencoba semua cara menjawab interview di atas.

Semoga Sukses ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.