7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Berbasis Life Style

Dulu fungsi otak diyakini memuncak di masa-masa dewasa dan kemudian perlahan-lahan mengalami penurunan. Sekarang diketahui bahwa gaya hidup modern memainkan peran penting terhadap penurunan fungsi kognitif. Zat-zat beracun, bahan kimia, pola makan yang buruk, kurang tidur, stres, dan banyak lagi sebenarnya yang dapat menghambat fungsi otak.

Anda tidak perlu obat, resep mahal, atau prosedur medis apa pun untuk meningkatkan memori. Cukup coba trik-trik berikut untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cobalah cara-cara berbasis gaya hidup di bawah ini untuk meningkatkan daya Ingat:

1. Atur Pola Makan

Makanan yang Anda makan – dan yang tidak dimakan – memainkan peran penting. Sayuran segar seperti seledri, brokoli , kembang kol, dan kenari mengandung antioksidan dan senyawa lain yang melindungi kesehatan otak. Bahkan dapat merangsang produksi sel-sel baru pada otak.

Meningkatkan asupan lemak omega-3 berbasis hewani dan mengurangi konsumsi lemak omega-6 (minyak nabati olahan) juga penting.

Saya lebih suka minyak krill, karena minyak krill juga mengandung astaxanthin, yang tidak hanya melindungi lemak omega-3 dari oksidasi tetapi juga tampaknya sangat bermanfaat untuk kesehatan otak.

2. Berolahraga

Olahraga dapat mendorong otak Anda bekerja optimal, merangsang sel-sel saraf untuk berkembang biak, memperkuat interkoneksi, dan melindungi dari kerusakan.

Selama berolahraga sel saraf melepaskan protein yang memicu banyak bahan kimia, yang meningkatkan kesehatan saraf. Dan secara langsung bermanfaat bagi fungsi kognitif.

Sebuah studi 2010 tentang primata yang diterbitkan dalam Neuroscience juga mengungkapkan bahwa olahraga yang teratur tidak hanya meningkatkan aliran darah ke otak, tetapi juga membantu monyet mempelajari tugas-tugas baru dua kali lebih cepat daripada monyet yang tidak berolahraga.

3. Nikmati Tidur 

Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa mengkoneksikan gagasan-gagasan seletah tidur 33 persen lebih kuat daripada dilakukan sebelumnya.

Tidur satu malam dengan empat hingga enam jam dapat memengaruhi kemampuan berpikir lebih jernih keesokan harinya. Proses pertumbuhan otak, atau neuroplasticity, diyakini mendasari kemampuan otak untuk mengontrol perilaku, termasuk belajar dan memori.

Ini juga berlaku bagi bayi, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat memberikan dorongan untuk kekuatan otak bayi.  Secara khusus, bayi yang tidur di antara sesi bermain memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengenali pola informasi baru. Hal ini menandakan perubahan penting dalam memori.

6. Manfaatkan Game Otak

Jika Anda tidak merangsang otak dengan informasi baru, kualitas memori mengalami penurunan. Sebaliknya, memberi stimulus pada otak dapat menangkal masalah ini.

Salah satu cara untuk merangsang otak adalah melalui ‘game otak,’ yang dapat Anda mainkan, baik secara online maupun offline. Jika Anda mencoba game otak, setidaknya luangkan waktu 20 menit sehari.

5. Hindari Multitasking

Multitasking kini menjadi istilah dari upaya manusia untuk melakukan banyak hal secara bersamaan secepat mungkin.

Multitasking dapat memperlambat Anda, membuat Anda lupa, dan rentan terhadap kesalahan.

Penelitian menunjukkan bahwa manusia membutuhkan sekitar delapan detik untuk memproses informasi ke memori Anda.

Jika Anda berbicara di ponsel dan membawa barang belanjaan, pada saat yang sama Anda meletakkan kunci mobil, Anda tidak akan ingat di mana meletakkannya.

Kebalikan dari multitasking adalah mindfulness, yang membantu Anda fokus tanpa gangguan. Siswa yang mengikuti program mindfulness mengalami peningkatan pemahaman membaca, peningkatan kapasitas kerja memori, serta lebih sedikit mengalami ganggunan pikiran.

Jika Anda mencoba menyelesaikan lima tugas sekaligus, lebih baik hentikan. Fokus lah pada salahsatu tugas yang sedang dihadapi.

6. Kuasai Skill Baru

Faktor kunci yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi otak adalah keseriusan dalam suatu pekerjaan. Lakukan kegiatan yang menuntut rangsangan kognitif secara simultan. Seperti fotografi digital, memainkan alat musik, berkebun, membangun model kapal, dan kerajinan-kerajinan lainnya.

7. Gunakan Perangkat Mnemonik

Perangkat mnemonik adalah alat memori untuk membantu Anda mengingat kata, informasi, atau konsep. Semua itu dapat membantu Anda mengatur informasi ke dalam format yang lebih mudah diingat.

Cobalah:

  • Akronim (seperti PUG untuk “mengambil anggur”)
  • Visualisasi (seperti membayangkan gigi untuk mengingat janji dokter gigi Anda)
  • Rhymes (jika Anda perlu mengingat nama, misalnya, coba pikirkan “rambut keriting)
  • Chunking, memecah informasi menjadi “potongan kecil”. Seperti mengatur nomor ke dalam format nomor telepon: 085-798-677-445 (Nomor Janda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *